RSS

Welcome to Dongmakgol

12 Feb

Welcome To Dongmakgol (웰컴 투 동막골)

Directed by Park Kwang-hyun

Written by Park Heung-shikSong Hye-jin

Starring : Shin Ha-kyunJeong Jae-yeongKang Hye-jeongSeo Jae KyungSteve Taschler

Welcome to Dongmakgol, adalah film yang bersetting di tahun 1950, saat perang antara Korea Selatan dan Korea Utara masih terjadi. Cerita dalam film ini diawali dengan jatuhnya pesawat tempur dari seorang tentara Amerika Neil Smith (Steve Taschler) ke sebuah pegunungan di Korea, setelah terjebak dalam kumpulan kupu-kupu yang tiba-tiba mengerubungi pesawatnya.

Neil Smith ditolong oleh warga setempat dan di bawa ke sebuah perkampungan bernama Dongmakgol, dan dirawat oleh warga disana. Dongmakgol adalah sebuah perkampungan dimana penghuninya masih sangat terbelakang dalam segi teknologi dan pengetahuan, mereka seperti terisolasi dari kehidupan dunia luar, dan tidak terpengaruh dengan apa yang terjadi di luar perkampungan mereka. Mereka bahkan tidak pernah menyadari ada peperangan di luar sana.

Disisi lain, di medan peperangan antara Korea Selatan dan Korea Utara, prajurit Korea Utara yang kehilangan banyak prajuritnya setelah dikalahkan oleh prajurit Korea Selatan, melarikan diri menuju pegunungan, tiga orang prajurit Korea Utara Rhee Soo Hwa (Jang Jae Yeong), Cha Young Hee (Lim Ha Ryong), Seo Taik Gi (Ryu Deok Hwan) bertemu dengan seorang gadis yang memiliki keterbelakangan mental Yeo Il (Kang Hye Jeong) yang kemudian membawa mereka ke Dongmakgol.

Disana secara mengejutkan mereka bertemu dengan dua tentara Korea Selatan Pyo Hyun Chul (Shin Ha Kyun) dan Moon Sang Sang (Seo Jae Kyung), yang juga dibawa masuk ke Dongmakgol oleh salah seorang penduduk.

Ketegangan jelas langsung terjadi sesaat setelah dua kubu seteru ini saling bertemu, mereka siap membunuh satu sama lain seperti yang seharusnya mereka lakukan. Kedua kubu dengan sigap mengangkat senjata mereka dan mengarahkannya pada musuh yang mereka temui secara tidak terduga. Sementara itu warga Dongmakgol yang tidak mengetahui adanya peperangan antara Korea Selatan dan Korea Utara, seperti tidak terpengaruh dengan semua hal menegangkan yang terjadi di depan mereka, mereka malah terkesan santai menghadapi semuanya, membawa kelucuan, kekonyolan mewarnai ketegangan yang terjadi.

Dari kepanasan, kehujanan, pagi sampai malam, senjata kedua kubu berselisih tetap terangkat, sampai-sampai warga Dongmakgol tidak peduli lagi pada apa yang mereka lakukan.

Sampai Yeo Il, seorang gadis keterbelakangan mental, dengan begitu polosnya menarik kunci pembuka sebuah granat yang dipegang oleh tentara Korea Utara, membuat kepanikan seketika terjadi diantara prajurit, tanpa pilihan dengan tanpa sengaja granat itu terlempar ke gudang persedian makanan warga Dongmakgol meledakan umbi-umbian dan jagung yang menyebabkan seketika Dongmakgol dihujani popcorn.

Pasca ledakan yang terjadi di gudang makanan, Dongmakgol terancam kekurangan bahan makanan, ini semua membuat para tentara yang berada di Dongmakgol merasa bersalah pada warga. Mengesampingkan perseteruan mereka untuk sementara, kedua kubu tentara itu membantu warga Dongmakgol untuk mengembalikan persedian bahan makanan mereka dengan menggali umbi-umbian dan semacamnya. Meski mereka terkesan tenang dan tidak terlihat bermusuhan, masing-masing masih saling waspada satu sama lain, mereka bahkan tidak bisa tidur dengan tenang, terlalu khawatir yang satu akan berencana melukai yang lain jika mereka tidak waspada.

Berjalannya waktu, seiring usaha mereka bahu membahu membantu warga Dongmakgol, kedekatan antara prajurit Korea selatan, Korea Utara dan sang pilot Amerika mulai terjalin, mengikis semua permusuhan yang tadinya begitu terasa diantara mereka. Pelan-pelan mereka mulai merasa menjadi bagian dari warga Dongmakgol, dan Dongmakgol menjadi bagian dari mereka. Sebuah perasaan yang membuat para prajurit merasakan hal yang membahagiakan, alih-alih ketegangan perang yang terjadi diluar sana.

Namun ketenangan dan kegembiraan yang dirasakan para warga Dongmakgol dan para prajurit tidak berlangsung lama. Semua itu terusik dengan kedatangan pasukan gabungan Amerika & Korea Selatan yang datang untuk menyelamatkan Neil Smith, yang mereka kira berada dalam sekapan para pemberontak. Dengan rencana besar-besaran, pasukan gabungan itu berencana untuk menghancurkan wilayah yang mereka kira sebagai wilayah musuh, tanpa mengetahui sebenarnya itu adalah pemukiman penduduk sipil.

Di bawah pimpinan Pyo Hyun Chul, para prajurit itu bersatu untuk menyelamatkan warga Dongmakgol dan pemukiman mereka dari upaya penghancuran tentara gabungan. Untuk pertama kalinya mereka bersatu untuk melindungi warga Dongmakgol, walaupun dengan mempertaruhkan nyawa mereka.

Welcome To Dongmakgol dirilis pada Agustus 2005, dan menjadi film Korea yang masuk dalam kategori ‘The foreign language film’ dalam ajang Academy Award pada tahun 2005, film ini juga menghantarkan Kang Hye Jeong, pemeran Yeo Il, sebagai pemenang aktris pendukung terbaik Grand Bell Award 2006. Tidak mengherankan film ini menjadi salah satu film yang sangat sukses di Korea selatan.

Untuk saya, film ini mungkin film dengan setting masa perang yang paling lucu yang pernah saya lihat, keluguan semua warga Dongmakgol, menciptakan banyak kelucuan dan kekonyolan dihampir semua scene dalam film ini. Walaupun pada bagian akhir penonton dibuat menghela nafas dengan semua hal yang terjadi, film ini tetap menjadi film yang amat sangat menghibur sekaligus menyentuh.. kalo boleh kasih jempol, saya akan kasih sepuluh jempol saya untuk film satu ini (Jiah kayak yang punya jempol sepuluh aja)… very recommended.

Welcome To Dongmakgol – Trailer

credit : loveasianfilm

Yang tertarik mau lihat film ini, bisa Klik foto di bawah ini

Source : Wikipedia, Dramacrazy

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on February 12, 2012 in Review Film/Drama

 

Tags: , , , , , ,

2 responses to “Welcome to Dongmakgol

  1. missjutek

    February 12, 2012 at 10:29 pm

    jyahahahaha… lengkapan review lo cuy!
    adegan paling koplak adalah waktu tentara korut keabisan peluru gara2 uler kecil yg pada akhirnya ga mati juga.. reaksinya Yeon Il itu loh! Malah seneng!! kalo gw jd tentaranya udah gw toyor2 ampe bego tu cewe.. hahahaha..
    thanks for ur recommendation dude! ;D

     
    • Ria N Badaria (@fortunata23)

      February 12, 2012 at 10:40 pm

      Buat film keren, ok, kayak gini, rela deh libur nulis buat bikin review yang selengkap-lengkapnya(alasan haha..), apa lagi yang main Shin Ha Kyun hihi..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: