RSS

Negeri 5 Menara (The Movie)

14 Mar

Negeri 5 Menara

Sutradara :  Affandi Abdul Rachman

Skenario : Salman Aristo

Novel : Ahmad Fuadi

Pemain : Gazza Zubizareta, Ernestsan G Samudera, Billy Sandi, Donny Alamsyah, 

Negeri 5 Menara, mengisahkan tentang seorang remaja laki-laki bernama Alif (Gazza Zubizareta), yang lahir dan dibesarkan di sebuah perkampungan di pinggiran Danau Maninjau. Sejak kecil ia tidak pernah menginjakan kakinya di luar ranah Minangkabau. Sebelum lulus sekolah setingkat SMP, bersama dengan sahabatnya ia sangat ingin untuk melanjutkan sekolah di Bandung dan bermimpi untuk berkuliah di ITB, sama seperti B.J.Habibie tokoh yang mereka idolakan.

Namun Ibunda Alif (Lulu Tobing) menginginkan hal lain untuk masa depannya, ia ingin Alif masuk ke pondok pesantren, bernama Pondok Madani, yang berada di Desa di pelosok Jawa Timur. Ibunda Alif sangat ingin Alif menjadi seperti Buya Hamka alih-alih menjadi seperti B.J.Habibie.

Dengan berat hati dan terpaksa akhirnya Alif menuruti keinginan Ibunya. Akhirnya setelah mengikuti sebuah tes yang diikuti ribuan orang, Alif berhasil lolos menjadi satu dari sedikit orang yang berhasil masuk ke Pondok Madani sebagai siswa baru.

Masih dengan keraguan besar dalam hatinya. Alif mulai mencoba untuk mengikuti semua pelajaran dan peraturan yang ada di Pondok Madani. Ia juga bertemu teman-teman baru, teman satu kamar di asrama Pondok Madani, seperti Baso ( Billy Sandi) Santri dari Gowa yang memiliki cita-cita untuk menjadi penghafal AlQur’an termuda di Pondok Madani, Atang (Rizki Ramdani) dari Bandung yang bercita-cita menjadi politikus, Raja (Jiofani Andre Lubis) dari Medan, Dulmajid (Baharis Adnanda Putra) dari Madura. Namun keberadaan teman-teman barunya itu belum membuat Alif merasa yakin untuk tetap berada di Pondok Madani.

Meski demikian Alif tetap berusaha untuk mengikuti semua pelajaran di Pondok Madani, dia harus menjadi anak yang membanggakan kedua orang tuanya. Paling tidak itu yang direncanakannya, seperti yang disarankan sahabatnya yang sekarang menetap di Bandung untuk melanjutkan sekolahnya. Kalau ia harus mencoba menjadi anak kebanggaan Ibunya dengan belajar dengan baik di Pondok Madani dalam kurun waktu satu tahun, dan jika dalam kurun waktu itu Alif masih tidak kerasan, ia bisa meminta pulang dan dipindahkan ke Bandung sesuai apa yang dia inginkan sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, Alif pelan-pelan mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan Pondok Madani. Di kelas pertamanya, Alif sudah dikejutkan dengan mantra ‘Man Jadda Wajada’ yang diperkenalkan seorang guru bernama Salman (Donny Alamsyah), yang membangkitkan semangat Alif dan teman-teman sekelasnya untuk terus mengejar cita-cita, dengan spirit ‘Man Jadda Wajada‘ yang berarti ‘Siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil.’

Dengan semangat ‘Man Jadda Wajada‘ Alif bersama teman-temannya mulai melewati hari-hari pembelajaran di Pondok Madani. Semangat yang membuat anak-anak dari berbagai daerah yang berbeda berani melakukan apa pun yang tadinya seperti tidak mungkin mampu untuk mereka lakukan. Mulai dari menjadikan Baso, yang tadinya sangat lemah dalam pelajaran Bahasa Inggris menjadi pemenang lomba pidato Bahasa inggris. Membetulkan Generator yang dipakai untuk penerangan Pondok, sampai mengusahakan agar mereka bisa menonton TV selama pertandingan final piala Thomas.

Semua hal-hal yang mereka lakukan dengan penuh kesungguhan menjadikan hari-hari Alif yang tadinya penuh kebimbangan menjadi penuh semangat. Bersama dengan sahabat-sahabat pondoknya, berbekal mantra sakti ‘Man Jadda Wajada‘ mereka memiliki mimpi untuk dapat menaklukan 5 Menara tinggi di Dunia, mimpi yang belakangan menjadi semacam tujuan hidup bagi mereka.

Tapi di tengah semangat mereka untuk terus menggapai cita-cita mereka, kenyataan tidak menyenangkan menghampiri mereka. Baso mendadak kedatangan seseorang dari kampung halamannya, seseorang yang datang untuk membawa Baso kembali pulang ke Gowa untuk mengurus Neneknya yang sakit keras.

Seketika saja harapan dan semangat mereka runtuh, menyusul kepergian Baso meninggalkan rencana besar mereka untuk mementaskan sebuah drama musikal dalam acara pementasan seni Pondok. Keinginan Alif untuk meninggalkan Pondok kembali muncul, kali ini Alif serius melakukannya, untuk Alif, disaat orang yang selalu memberinya semangat, sudah meninggalkan Pondok, tidak ada alasan lagi baginya untuk tetap bertahan.

Berbagai konfilik terjadi saat Alif mengutarakan keputusannya pada sahabat-sahabatnya. Konflik yang pelan-pelan menyadarkan Alif bahwa yang dia inginkan sebenarnya adalah tetap tinggal di Pondok untuk meneruskan mimpinya menaklukan 5 Menara di Dunia.

Kembali dengan semangat ‘Man Jadda Wajada‘ mereka meneruskan rancangan drama musikal mereka, untuk menghormati Baso, sang penggagas drama musikal itu. Bahu membahu bersama seluruh teman satu angkatan, mereka berniat menciptakan drama musikal yang spektakuler.

Kesunggguhan mereka membuahkan hasil, mereka berhasil mempersembahkan drama musikal yang memukau semua orang yang menonton.

Setelah semua hal luar biasa itu berhasil mereka capai, akan kah mantra ‘Man Jadda Wajada‘ berhasil memhantarkan mereka menaklukkan 5 Menara tinggi di Dunia.

Film yang diangkat dari Novel best seller karya Ahmad Fuadi ini, merupakan paket lengkap dari perwujudan sebuah mimpi, harapan dan kesungguhan. Film ini menularkan semangat ‘Man Jadda Wajada’ kepada penonton, mengajak kita untuk kembali percaya bahwa siapa saja yang bersungguh-sungguh mengejar cita-citanya, maka ia akan berhasil meraihnya. 

Negeri 5 Menara – Trailer

 credit : shava0309

Yovie & Nuno – Man Jadda Wajada (Negeri 5 Menara Ost)

credit : sitakirana

Advertisements
 
3 Comments

Posted by on March 14, 2012 in Review Film/Drama

 

Tags: , , , , , ,

3 responses to “Negeri 5 Menara (The Movie)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: